Rincian Biaya Modal Usaha Untuk Kambing Akikah





Beternak kambing akikah merupakan salah satu usaha yang bisa menguntungkan dalam waktu singkat. Hal ini sudah banyak dilakukan orang Indonesia yang berada di pedesaan.  Namun seiring berjalannya waktu, bisnisbeternak kambing akikah juga merambah ke perkotaan. Hal ini tidak terlepas dari target market nya yang besar. Hal ini dikarenakan akikah merupakan salah satu kegiatan ibadah bersifat wajib bagi orang yang beragama Islam dimana anaknya yang masih berusia 1 atau 2 minggu harus menyembelih kambing sebanyak satu ekor bagi wanita dan dua ekor bagi anak laki-laki. Bisnis ini juga bisa dikombinasikan dengan bisnis lain seperti sapi kurban, domba kurban, kambing kurban, layanan domba akikah, usaha kambing hajatan hingga bisnis peternakan kambing.
Harga kambing per ekor biasanya berkisar di harga 2 juta. Jika Anda ingin beternak kambing akikah sebaiknya mulai dari beli kambing yang kecil. Kambing kecil biasanya berkisar di harga 500 ribu. Hanya dalam waktu 3 tahun, anak kambing tersebut dapat beranak hingga 5 ekor kambing. Jika Anda berniat untuk menjual semua maka keuntungan yang Anda dapat adalah 10 juta jika per ekor nya Anda jual dengan harga 2 juta.
Namun untuk membuat bisnis ini tentu tidaklah mudah. Anda perlu menyiapkan beberapa hal sebagai berikut:
1.    Pembuatan kandang kambing. Anda dapat membuat kandang ini dari sisa-sisa kayu bekas atau dari bambu. Kandang ini juga harus secara rutin dibersihkan dari kotoran supaya kambing tumbuh sehat dan terbebas dari penyakit.
2.    Memelihara kambing secara telaten. Anda harus memberikan makan pada kambing secara teratur. Selain itu sediakan juga rumput dan daun untuk pakan kambing.
3.    Promosi. Anda dapat melakukan promosi ini secara online maupun offline. Jika Anda ingin melakukan promosi secara offline, Anda dapat menyebarkan brosur hingga menyewa tempat yang menyatakan bahwa Anda menjual kambing untuk akikah. Untuk promosi online, Anda dapat memasarkan di sosial media atau di website sendiri. Promosi ini merupakan salah satu hal yang krusial karena dengan promosi yang benar maka Anda dapat menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya.

Komentar

Postingan Populer